Salah satu halaman SPLP Di Saudi

Banyak yang bertanya seputar SPLP

1, Apakah bisa berkerja sampai masa berlaku SPLP habis ? karena ada SPLP yg masa berlakunya sampai 2 tahun..

2, Bagaimana jika SPLP saya sudah habis masa berlakunya tapi saya blum mau pulang ?

jawab :
 

1, Sekali lg saya katakan SPLP adalah surat jalan sekali pakai bukan paspor atau dokumen tinggal Di Negeri Asing, Sehingga tidak bisa untuk bekerja. Untuk bekerja anda tetap harus mengupayakan Surat Ijin Tinggal dan Bekerja/ PERMIT / IQAMAH untuk Negara Saudi
 

Mengapa KBRI & KJRI memberikan masa aktif ada yang sampai 2tahun?

Proses paska amnesty biasanya memakan waktu yg lama dalam menyelesaikan banyak kasus , mengingat jumlah yang harus dilayani oleh perwakilan RI di Luar Negeri jumlahnya berlipat ganda dari biasanya. Sehingga memberi kebijakan masa berlaku SPLP lebih lama dari biasanya.

Jika anda menunggu proses PERMIT/IQOMA keluar ( dalam artian proses masih berjalan ) maka anda tidak melakukan kesalahan dengan catatan majikan bertanggung jawab dan harus sampai PERMIT/
IQOMA keluar.

Tetapi jika anda memang sudah gagal mengurus PERMIT/
IQOMA atau tidak ada majikan yg bersedia memperkerjakan anda secara resmi, anda diharuskan pulang secepatnya. Bila tidak pulang.anda akan dikenakan beberapa sanksi seperti jawaban no.2 dibawah ini.

2. Bila SPLP anda sudah habis masa berlakunya dan belum pulang , apabila tertangkap pihak keamanan Negara Penempatan/ Saudi untuk anda yang tinggal Di Saudi, maka ;
 

- anda akan dideportasi /dipulangkan ke negara asal
- bila terjadi pelanggaran berulang2, anda bisa dikenai hukuman penjara.
- bisa dikenakan denda ijin tinggal. 


 Besaran Denda menurut pengalaman  sebelumnya;

*Disaudi pd tahun 2011, denda ijin tinggal 1500 SAR . Untuk tahun ini saya belum mengetahuinya.
*Malaysia sebelum amnesty denda hanya 450 ringgit , sekarang untuk yg melanggar lebih dari 2 tahun 3100 RM

Semoga bermanfaat, silahkan ditambahkan apabila ada Pembaca yg memiliki pengalaman lain.



By Ninik Andrianie

5 comments:

  1. Splp masih berjalan 3 bulan harus bagaimana ya gan??
    apa kah kalau kedapat sama mereka apa sama sanksi nya
    Padahal kan dlm pengurusan permit dengan pemakaian splp tersebut

    ReplyDelete
  2. hallo sy ada sdkt mslah yg blm sy mngrti smpai skrg..sy dlu bkin paspor ke negara oman 2011 dan pulang ke indonesia cuma pke splp sj taun 2013.skrg sy ingin brangkat krja ke hongkong..apakah nnti sya akan kena BAP ataukah tidak krna sya takut nnti akan kena denda..mhon jwbannya n trims

    ReplyDelete
  3. bagai mana cara ya bekerja kembali ke malaysia , karna saya pulang dr johor menggunakan SPLP dan masa kontrak kerj saya blom selesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat permit baru dgn cara buat pasport baru dan daftar di agensi agensi di malaysia yg ada kuota untuk permit sekian

      Delete
  4. Assskum ..saya mau nanya saya sudah terlanjur buat splp.tapi saya mau blk..tp saya mau blk pakai paspor klng saja..dikarenakan saya buat splp tampa spengatuan kilang..apakah klu blk saya bermasalah dekat klia sana.

    ReplyDelete