Sejumlah Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia saat berada di rumah singgah milik Dinas Sosial dan Pemakaman (Dinsospam) Kota Batam, Jumat (11/10/2013) malam. Sebanyak 37 TKW bermasalah dideportasi oleh Pemerintah Kerajaan Malaysia melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia, Johor menuju Kota Batam. Selanjutnya mereka akan dipulangkan ke daerah asalnya di Jawa Timur, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Pekanbaru.

BINTAN, Sebanyak 698 Tenaga Kerja (TKI) bermasalah dipulangkan ke daerah asalnya. Delapan di antaranya adalah bayi TKI, sedangkan sisanya yaitu 506 pria dan 184 wanita dewasa.
Mereka dipulangkan melalui Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang, Bintan, Kepri, Jumat (31/1/2014) sekitar pukul 16.00 WIB oleh Dinas Sosial Tanjungpinang.

"TKI bermasalah ini akan berangkat melalui pelabuhan Kijang dengan KM Omsini sekitar pukul 16.00 WIB. Dengan pemulangan TKI bermasalah ini, tersisa 102 orang yang mendiami di penampungan," kata Kepala Dinsos Tanjungpinang, Dimyath melalui sambungan telepon.

Selama bulan Januari 2013 sebanyak 800 TKI yang tercatat di shelter Dinsos Tanjungpinang. Ke-698 orang dipulangkan kedaerah asalnya.

Menurut Dimyat pemulangan ini dilakukan menjaga keamanan dan kenyamanan TKI. Karena dengan membeludaknya TKI di penampungan dikhawatirkan akan menimbulkan gangguan atau permasalahan. Selain itu daya tampung juga melebihi kapasitas dapat berdampak pada timbulnya kriminalitas

"TKI bermasalah yang berjumlah 800 orang ini dideportasi dari negeri Malaysia transit di Tanjungpinang kemarin," jelasnya.

Dia juga menambahkan bahwa pemulangan TKI bermasalah pasti terjadi setiap minggunya. Sehingga Dinas Sosial bertindak cepat melakukan pemulangan ke daerah asalnya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan di tempat penampungan.

Selama di penampungan, para TKI ini ditempatkan terpisah antara lelaki dan wanita. Untuk TKI lelaki diinapkan di penampungan yang terletak di Jalan Transito Batu Sembilan. Sedangkan bagi TKI wanita ditempatkan di RPTC Senggarang.


Sumber  TRIBUN

1 comments:

  1. saya Sukiman seorang TKI DI MALAYSIA
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asa apalagi dengan keadaan susah
    gaji istri saya itupun buat makan sehari2. sedangkan hutang banyak
    kebetulan istri saya buka-buka internet Dan mendapatkan
    nomor MBAH KASSENG (0853-4288-2547) katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dan dengan keadaan susah, terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran TOTO DAN MAGNUM
    angka yang di berikan waktu itu 4D yang nombor 1
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 269.jt Oleh Karna itu saya posting no HP MBAH KASSENG ini supaya saudarah-saudara ku di indonesia maupun di luar negri yang sangat kesulitan masalah ekonomi (kesusahan) jangan anda putus asa. Karna jalan masih panjang yang penting anda tdk malu atau takut menghubungi MBAH KASSENG. Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah AMIN.
    MBAH KASSENG
    NO: 0853-4288-2547 / +6285-342-882-547

    ReplyDelete